Review | Round-Up 5 SSD terbaru dari PT NUSANTARA JAYA TEKNOLOGI

Pengunaan SSD semakin menjadi standar saat ini, apalagi dengan menggunakan SSD cukup signifikan meningkatkan kinerja PC/laptop yang sudah berumur.  PT Nusantara Jaya Teknologi kembali menambahkan jajaran produk SSD dari GIGABYTE & PALIT sebagai salah satu produk unggulan yang dipasarkan di Indonesia.

Khusus untuk kedua merek ini, keduanya merupakan pemain baru di dunia SSD, seperti kita kenal, GIGABYTE adalah produsen terkemuka untuk motherboard & kartu grafis, sedangkan PALIT dikenal sebagai salah satu partner NVIDIA untuk kartu grafis.

Round-up ini dibuat untuk memberikan gambaran masing masing kinerja dari produk yang ditawarkan dari kedua produsen ini.

Spesifikasi Pengujian

Prosesor AMD Ryzen 1600X
Motherboard GIGABYTE AX370 Gaming K7
Memory G.Skill Sniper X 32GB Kit Dual Channel DDR4-3200C16
VGA GIGABYTE Radeon RX570 4GB
PSU Cooler Master V650

GIGABYTE SSD 120 & 240GB

GIGABYTE mengawali debutnya dengan menghadirkan seri paling entry level, yaitu GIGABYTE SSD, memperkenalkan 2 model dengan kapasitas 120GB & 240GB, kapasitas yang sudah menjadi standar minimal pengguna SSD secara umum.

Link produk : https://www.gigabyte.com/Solid-State-Drive

GIGABYTE SSD 120GB

Menggusung form factor 2.5 inch dengan ketebalan 7mm, kedua SSD dari GIGABYTE ini dapat disematkan kedalam laptop bila spesifikasi laptop tersebut mendukung pemasangan HDD dengan form factor 2.5 inch. Garansi yang ditawarkan 3 Tahun.

GIGABYTE SSD UD Pro 256GB & 512GB

Selain dari varian entry level, GIGABYTE juga menawarkan seri UD Pro yang terinspirasi dari tagline Ultra Durable yang sudah dikenal sejak tahun 2006. UD Pro ini memiliki kelebihan pada jenis NAND yang digunakan, memiliki DRAM Cache untuk realibitas serta durabilitas yang lebih baik.

Link produk : https://www.gigabyte.com/Solid-State-Drive

GIGABYTE SSD UD PRO 512GB

Sama seperti varian dibawahnya, UD Pro menawarkan garansi 3 Tahun.

PALIT SSD 120GB (Model:UVS10AT-SSD120)

PALIT yang telah lama dikenal sebagai salah satu produsen grafis berbasis GPU NVIDIA juga memasuki bisnis SSD dengan menawarkan produk entry levelnya berkapasitas 120GB, form factor 2.5 inch, mendukung interface SATA 6Gbps serta menawarkan garansi cukup panjang yaitu 3 Tahun.

Link produk : http://www.palit.com/palit/ssdpro.php?id=19&lang=en

PALIT UVS10AT-SSD120

Perbandingan Spesifikasi

Agar lebih mudah mengenali dan memahami spesifikasi detail dari masing masing SSD yang ada di artikel ini, silahkan melihat tabel dibawah ini

Perbandingan Spesifikasi SSD

Semua SSD menggunakan kontroler dari produsen Phison, hanya ada perbedaan seri saja, yang menarik adalah PALIT di websitenya menjelaskan kontroler yang digunakan adalah Phison S3111-S11 & SSD UVS10AT-SSD120 ini memiliki DRAM Cache sebesar 32MB, sedangkan kontroler Phison S3111-S11 tidak mendukung penggunaan DRAM Cache, berbeda dengan GIGABYTE UD Pro series yang menggunakan kontroler Phison PS3110-S10 dimana kontroler jenis ini memang mendukung DRAM Cache dan UD Pro memang menggunakan DRAM Cache. Untuk jenis NAND, hanya GIGABYTE UD Pro series yang menjelaskan dengan gamblang jenis NAND Flash yang digunakan yaitu Toshiba BiCS3 dengan teknologi 3D TLC, sedangkan lainnya menggunakan NAND Flash jenis TLC saja.

Hasil Pengujian

Crystal Disk Info

Informasi Crystal Disk Info GIGABYTE UD Pro 256GB

Informasi Crystal Disk Info GIGABYTE UD Pro 512GB

Informasi Crystal Disk Info GIGABYTE SSD 120GB

Informasi Crystal Disk Info GIGABYTE SSD 240GB

Informasi Crystal Disk Info PALIT UVS10AT-SSD120

Dari semua SSD, secara temperatur, UD Pro series memiliki temperatur paling rendah yaitu 30C dibandingkan ketiga SSD lainnya yang mencatat temperatur lebih tinggi 3C.

Crystal Disk Mark (MB/s)

Pengujian Crystal Disk Mark (CDM) dikenal luas sebagai standar pengujian bagi user untuk melihat performa SSD yang digunakan. Untuk round-up kali ini, hasil pengujian CDM bisa dilihat dibawah ini

Hasil Pengujian Crystal Disk Mark

Secara umum, semua SSD yang diuji melewati spesifikasi klaim dari produsen ! Khusus untuk GIGABYTE SSD 120GB yang diklaim oleh vendor memiliki kecepatan baca tulis 350/280 MB/s ternyata memiliki hasil pengujian yang jauh dari klaim spesifikasi resmi. Duo UD Pro dari GIGABYTE mencatat hasil tertinggi dari pengujian ini.

Anvil’s Storage Utilities (MB/s)

Hasil Pengujian Anvil’s Storage Utilities

Pada pengujian Anvil’s tercatat UD Pro 512 GB dari GIGABYTE mencatatkan perolehan baca/tulis terbaik dari semuanya, dan yang cukup mengejutkan GIGABYTE SSD 120 dapat melewati kecepatan baca saudaranya berkapasitas 240GB bahkan melewati hasil peroleh UD Pro 256GB. Disisi lain, PALIT mencatatkan hasil kecepatan baca terendah pada pengujian ini.

ATTO DISK BENCHMARK (KB/s)

Hasil Pengujian ATTO Disk Benchmark

Hasil aplikasi pengujian sintetik ini mencatat hasil berbeda dengan Anvil’s, maklum bila pada Anvil’s, pengujian menggunakan file sebesar 4MB, sedangkan pada ATTO pengujian baca tulis menggunakan file sebesar 64MB. PALIT menunjukkan tajinya pada pengujian ini, kecepatan tulisnya meninggalkan duo UD Pro dari GIGABYTE dan memiliki angka sama persis dengan GIGABYTE SSD 240GB. Di lain sisi, pada kecepatan baca, UD Pro 512GB mencacatkan kecepatan tertinggi.

AS-SSD Benchmark (MB/s)

Hasil Pengujian AS-SSD Benchmark

AS-SSD Benchmark secara umum menggambarkan kecepatan Sequential Read/Write pada masing masing SSD yang diuji. Kembali terlihat keperkasaan duo UD Pro dari GIGABYTE yang mencatatkan hasil tertinggi.

AS-SSD Benchmark ISO-Program-Game Copy Benchmark (MB/s)

Hasil Pengujian AS-SSD Copy Benchmark

Pengujian dilanjutkan pada simulasi kecepatan SSD dalam menangani proses transfer file format ISO, program & game. Kembali UD Pro dari GIGABYTE mencatatkan hasil tertinggi yang cukup signifikan dibandingkan yang lain. Pengaruh penggunaan DRAM Cache yang besar cukup membantu mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi. Catatan khusus bagi kamu yang ingin memiliki SSD dengan antar-muka SATA 6Gbps yang ingin digunakan untuk aplikasi game yang intensif, UD Pro adalah pilihan paling ideal untuk urusan ini.

AS-SSD Benchmark ISO-Program-Game Copy Benchmark Duration (detik)

Hasil Pengujian AS-SSD Copy Benchmark Duration

AS-SSD Benchmark juga memiliki benchmark yang memberikan informasi waktu yang dibutuhkan dalam proses copy file untuk file format ISO, file program & game. Hasil yang diperoleh semua SSD kurang lebih hampir sama, mengingat satuannya dalam detik sehingga angka dibelakang koma menunjukkan satuan milidetik yang sulit untuk dilihat/dirasakan perbedaannya.

IOMeter

Pengujian terakhir menggunakan IOMeter, aplikasi ini akan lebih mencerminkan kinerja input output SSD pada system yang digunakan dalam pengujian. Metode pengujian adalah dengan menjalankan 8 Worker, all test mode dalam waktu 30 menit. Yang dicatat adalah hasil akhir setelah 30 menit..

IOMeter – Total I/O per seconds (IOPS)

Hasil Pengujian IOMeter Total I/O per seconds (IOPS)

Disini terlihat jelas produk premium memang memiliki kemampuan lebih, GIGABYTE UD Pro keduanya menghasilkan kinerja terbaik yang sangat signifikan dibandingkan GIGABYTE SSD & PALIT. Kualitas memang berbicara , adanya DRAM Cache yang cukup besar pada UD Pro serta implementasi 3D NAND TLC membawa UD Pro menjadi yang tercepat dari semua SSD.

IOMeter – Total MB per seconds

Hasil Pengujian IOMeter Total MB per seconds (MB/s)

Mode testing all test yang diterapkan dalam pengujian benar benar menguras kinerja SSD, pada awalnya angka 300 hingga 400 bisa tercapai namun seiring waktu pengujian yang simultan selama 30 menit, angka angka ini menurun. Kembali GIGABYTE UD Pro mencatatkan hasil tertinggi, baik 256GB maupun 512GB dengan silisih cukup signifikan dengan SSD lainnya, sementara di posisi terakhir ditempat SSD dari PALIT.

IOMeter – Response Time (milidetik)

IOMeter Response Time (ms)

Kombinasi kontroler, NAND Flash dan DRAM Cache (bila ada) menjadi penentu kecepatan respon SSD ketika menjalankan sebuah perintah, dan dalam hal ini UD Pro series dari GIGABYTE mencatatkan waktu terbaik untuk respon time. Satu cacatan untuk SSD dari PALIT, waktu maksimum respon time tercatat cukup lama dibandingkan SSD lainnya, bahkan hampir 2x lebih lama dibandingkan GIGABYTE SSD 120GB.

KESIMPULAN & PENUTUP

SSD semakin hari semakin murah, dan berkat teknologi NAND yang semakin berkembang pesat, kapasitas SSD juga semakin lama semakin besar & biaya produknya bisa lebih murah dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Masing masing vendor memiliki cara untuk “meramu” produk SSDnya menjadi istimewa & secara marketing kecepatan sequential baca/tulis selalu bisa ditemukan pada spesifikasi sebuah SSD.

Bagi konsumen, membaca sebuah spesifikasi SSD adalah sangat penting, karena akan terlihat apakah uang yang dibayarkan setimpal dengan performa SSD sesuai klaim dari vendor atau sebaliknya. Dari 5 SSD yang diuji kali ini, semua hasil pengujian menunjukkan klaim produsen/vendor sesuai, artinya bisa dipastikan spesifikasi yang tercantum di website masing masing produsen sesuai dengan kenyataan.

Baik GIGABYTE maupun PALIT adalah pendatang baru di dunia SSD, namun produk awal dari mereka ini cukup memiliki kualitas baik dan garansi yang panjang, 3 tahun garansi adalah sebuah pernyataan tidak langsung akan kualitas sebuah produk, apalagi bila dibandingkan dengan produk sejenis dari produsen lain dengan garansi dibawah 3 tahun.

Terbaik dari 5 SSD ini ? Sepertinya akan kembali kepada kebutuhan masing masing, bagi para gamer profesional membutuhkan kecepatan tinggi, atau kebutuhan aplikasi yang cukup intens dalam hal transfer data, GIGABYTE UD Pro series adalah pilihan yang tepat. Sedangkan GIGABYTE SSD & PALIT adalah SSD “mainstream” yang dapat digunakan pada aplikasi aplikasi regular sehari hari.

Pastikan 5 produk SSD ini memiliki garansi dari PT.Nusantara Jaya Teknologi bila anda membelinya, untuk kepastian garansi & layanan purna jual.

Tested & Review by Benny Lodewijk Nitolo Lase