Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu

Tips Melindungi USB Flash Drive dengan Benar (STEP BY STEP)

By In Step By Step On June 5, 2015


Kingston USB DataTraveler101G2

Sumber : Chip Online

CHIP.co.id – Saat ini, banyak orang yang tergantung pada USB flash drive untuk menyimpan data mereka. Namun, tak banyak pengguna yang tahu cara menggunakan dan melindungi USB flash drive mereka dengan benar. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memperpanjang masa pakai dari flash drive.

1. Pindahkan/Cabut flash drive dari PC atau notebook dengan cara yang benar. Jika flash drive dipindahkan atau dicabut pada saat drive sedang bekerja (membaca atau menulis file), data yang terdapat di dalamnya dapat rusak dan bahkan hilang.

2. Tidak memaksakan untuk menghubungkan perangkat penyimpanan flash ke konektor. Konektor USB flash dirancang untuk digunakan searah, jadi harus dapat dicolokkan hanya dalam kondisi satu arah saja. Jika Anda mengalami kesulitan ketika ingin mencolokkan drive, jangan Anda paksakan. Hal tersebut akan membuat soket dan perangkat penyimpanan flash rusak.

3. Selalu lakukan backup terpisah untuk semua data Anda. Meskipun flash drive sangat membantu dalam menyimpan data, tetapi selalu ingatlah untuk tetap melakukan backup terhadap informasi penting yang Anda miliki ke berbagai media atau bahkan mencetak data tersebut pada kertas untuk penyimpanan dalam jangka panjang. Jangan menyimpan data penting hanya pada sebuah perangkat penyimpanan flash tanpa melakukan backup di lokasi lain.

Selain tiga tips diatas, konsumen juga harus menyadari bahwa beberapa produk resmi yang dijual oleh jalur bersertifikasi dapat menawarkan kapasitas yang terjamin. Dengan begitu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana membedakan produk yang resmi dan tidak resmi.

Untuk hal ini, Kingston sebagai salah satu produsen USB flash drive akan menunjukkannya kepada Anda. Cara termudah yang dapat diperhatikan oleh konsumen adalah label sertifikat yang berguna untuk mengidentifikasi apakah perangkat tersebut resmi atau tidak.

Untuk melindungi para pelanggannya, Kingston juga telah menerapkan panduan yang memungkinkan konsumennya untuk dapat segera melakukan verifikasi, apakah produk Kingston yang dibeli atau yang akan dibeli adalah produk resmi atau tidak. Hingga kini, Kingston memiliki dua teknologi warna, yaitu teknologi Phantom dan teknologi Colour-Shift.

Seluruh produk Kingston yang menggunakan teknologi Phantom pada desain labelnya ketika label dimiringkan, akan menampilkan huruf ‘K” atau kepala Kingston. Sedangkan untuk seluruh jajaran produk yang menggunakan teknologi Colour-shift, ketika dimiringkan label warna akan berubah dari warna Olive Green menjadi Red Rose. Begitu juga saat dilihat dari sudut yang berbeda.

Posts


Related Posts

Yes No