Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu

SSD Kencang dan Stabil, Silicon Power Velox V80 (REVIEW)

By In Review Article On October 28, 2015


*Sumber: MetroTvNews.com

SSD Kencang dan Stabil Silicon Power Velox V80

SSD Kencang dan Stabil,┬áSilicon Power Velox V80–Solid State Disk atau SSD merupakan media penyimpanan alternatif untuk PC. Ia kian populer karena ukurannya lebih ringkas, dan kecepatan transfer datanya jauh melebihi hardisk biasa yang memakai piringan.

SSD lebih mirip dengan sebuah USB Flash Drive. Datanya disimpan di dalam sebuah chip, berbeda dengan hardisk yang disimpan di piringan magnetik. Di situlah kunci kecepatan transfer SSD yang dapat mencapai 500Mb/s. Kelebihan lain SSD adalah penggunaan daya yang lebih hemat karena ia tidak memiliki komponen bergerak. Selain itu, SSD juga lebih tahan terhadap guncangan ketimbang hardisk biasa.

SSD Kencang dan Stabil Silicon Power Velox V80

Salah satu produsen SSD adalah Silicon Power. Mereka memiliki berbagai lini SSD yang salah satunya adalah Silicon Power Velox V80. SSD ini hadir dalam berbagai varian kapasitas, mulai dari 120Gb, 240GB, 480GB, dan 960GB. Tiap varian kapasitas yang ditawarkan memiliki spesifikasi yang sama. Selain memiliki ukuran standar SSD yang sama dengan hard disk 2,5-inci, SSD ini juga diklaim mampu bertahan dari getaran hingga 20G dan guncangan hingga 1500G.

Lalu bagaimana dengan performanya?

SSD Kencang dan Stabil, Silicon Power Velox V80

Saat kami menguji SSD Silicon Power Velox V80 berkapasitas 480GB, kami mendapatkan bahwa SSD ini bekerja dengan cukup cepat. Pengujian menggunakan Crystal Disk Mark menunjukkan bahwa SSD ini memiliki kecepatan baca dan tulis yang cukup stabil. Menurut spesifikasi teknisnya, SSD ini memiliki kecepatan baca hingga 550Mb/s, dan kecepatan tulis hingga 500Mb/s. Hal tersebut juga dibuktikan langsung melalui pengujian Crystal Disk Mark yang menunjukkan hasil yang mirip.

Sementara itu, pengujian dengan metode copy file 1GB menunjukkan bahwa SSD ini juga bekerja dengan baik. Ketika kami meng-copy kumpulan file sebesar 1GB dari SSD di sistem kami ke SSD ini, proses copy-nya hanya membutuhkan waktu 14 detik saja. Sementara ketika kami balik meng-copy dari SSD ini ke SSD di sistem kami, prosesnya membutuhkan waktu yang lebih cepat, yaitu 9 detik saja.

Kesimpulan

Meskipun namanya tak sebesar merek-merek ternama seperti Corsair atau Kingston, Silicon Power Velox V80 merupakan SSD yang tak kalah hebat. Performanya cukup kencang untuk digunakan sebagai SSD di PC Anda.


Related Posts

Yes No