Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu

SSD Upgrade Kit Dengan Casing Eksternal, Silicon Power S60 (REVIEW)

By In Review Article On October 28, 2015


*Sumber: Metrotvnews.com

–REVIEW: Silicon Power S60, SSD Upgrade Kit Dengan Casing Eksternal– Silicon Power Slim S60 merupakan sebuah SSD yang sepaket dengan sebuah casing hardisk eksternal 2,5-inci. Casing tersebutlah yang akan dapat Anda pasangkan dengan hardisk laptop Anda yang lama.

SSD Upgrade Kit Silicon Power S60

Menggunakan Solid State Disk atau SSD di PC memiliki banyak keuntungan. SSD yang memiliki kecepatan baca yang lebih tinggi dari hardisk biasa merupakan salah satu alasan mengapa para pengguna PC, khususnya para gamer beralih ke SSD. Selain itu, harga dan varian SSD yang semakin murah membuatnya makin banyak digunakan para pemilik PC.

Tidak hanya PC, laptop pun banyak yang menggunakan SSD sebagai media penyimpanan utamanya. Ukuran SSD yang sama dengan hard disk 2,5-inci yang digunakan di laptop membuatnya menjadi salah satu komponen yang tepat untuk di-upgrade di laptop.

Apa kelebihan memakai SSD di laptop? Selain tentunya memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi, SSD juga akan mengurangi konsumsi baterai pada laptop karena ia tidak memiliki komponen bergerak sehingga konsumsi dayanya lebih rendah. Selain itu, SSD lebih ringan dan lebih tahan banting ketimbang hard disk biasa.

SSD Upgrade Kit Silicon Power S60

Masalahnya, jika Anda mengganti hardisk laptop Anda dengan SSD, hardisk lama tersebut mau dikemanakan? Silicon Power memiliki solusi untuk permasalahan tersebut. Melalui salah satu produknya, Silicon Power Slim S60, hard disk laptop lama Anda akan masih dapat digunakan sebagai hardisk eksternal.

Bagaimana caranya?

Silicon Power Slim S60 merupakan sebuah SSD yang sepaket dengan sebuah casing hardisk eksternal 2,5-inci. Casing tersebutlah yang akan dapat Anda pasangkan dengan hardisk laptop Anda yang lama. Casing tersebut tampil dengan desain yang cukup kokoh. Ia juga dilengkapi dengan karet pelindung di sekelilingnya untuk melindungi dari cipratan air atau debu.

SSD Upgrade Kit Silicon Power S60

Meskipun demikian, casing ini tak mampu bertahan di kondisi ektrem. Plastik pelindungnya tak terlalu tebal dan kami tak melihat ada penahan khusus untuk mencegah guncangan atau getaran ekstrem. Nilai tambahnya, pemasangannya sangat mudah. Cukup pasangkan hardisk ke port SATA yang disediakan lalu tutup dan kencangkan bautnya.

Sementara itu, SSD yang hadir bersama paket penjualannya memiliki berbagai varian kapasitas, mulai dari 120GB, hingga 960GB. Spesifikasi yang ditawarkan juga sangat mirip dengan SSD Silicon Power Velox V80 yang juga kami ulas hari ini. Karena spesifikasinya relatif sama, tak salah bila kami menduga hasil pengujiannya juga mendekati saudaranya tersebut.

SSD Upgrade Kit Silicon Power S60

Sayangnya, dugaan kami sedikit meleset. Setelah kami uji dengan menggunakan Crystal Disk Mark, SSD ini tercatat memiliki kecepatan baca yang serupa dengan Silicon Power Velox V80, namun kecepatan tulisnya lebih rendah, yaitu berada di angka 260Mb/s.

Hal tersebut berdampak langsung ketika kami mencoba melakukan pengujian penyalinan berkas 1GB pada SSD ini. Hasilnya, SSD ini berhasil menyalin kumpulan file sebesar 1GB dari SSD di sistem kami dengan waktu 16 detik atau 2 detik lebih lambat dari saudaranya.

Kesimpulan

Walau memiliki kecepatan tulis yang lebih rendah, SSD ini masih sangat menjanjikan. Hal tersebut dibuktikan pada pengujian penyalinan  file 1GB yang selisihnya tidak terlalu signifikan ketimbang SSD Silicon Power Velox V80 yang kecepatan bacanya lebih tinggi.

Kelebihan SSD ini adalah casing tambahan pada paket penjualannya, sehingga Anda dapat menggunakan hardisk lama Anda sebagai hard disk eksternal. Keberadaan casing tersebut juga membuat hardisk ini cocok untuk Anda yang ingin meningkatkan hardisk laptop menjadi SSD.


Related Posts

Yes No