Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu
Review : Sharkoon T28, Casing Mid-Tower dengan Sirkulasi Mumpuni

Review : Sharkoon T28, Casing Mid-Tower dengan Sirkulasi Mumpuni

By In Review Article On April 8, 2016


SUMBER : METROTVNEWS.COM Sharkoon adalah salah satu produsen hardware yang memasarkancasing. Jika membandingkannya dengan para pesaing yang namanya sudah lebih dulu terkenal di pasar Indonesia, casing besutan Sharkoon mempunyai kualitas yang tidak kalah bagusnya.

Salah satu produk yang datang ke meja pengujian kami kali ini adalah Sharkoon T28. Saya bisa mengatakan bahwa casing ini memiliki beragam fitur dan desain yang cukup keren. Berikut ulasannya.

Sharkoon T28 adalah casing dengan formfactor ATX yang dibalut dengan warna hitam solid. Warna hitam ini berpadu dengan tiga pilihan warna yang dibalut pada sisi dalam dan kipas. Secara desain,casing ini tidak menonjolkan hal yang eksentrik, tetapi antarmuka yang cukup lengkap di sisi depan bisa langsung terlihat dari ketersediaan empat port USB pada pinggiran atas. Kehadiran dua port USB 3.0 sudah sangat cukup untuk mempercepat akses pengguna dalam memasang flash drive atau HDD eksternal di depan.

Empat port USB ini terpisahkan oleh jack earphone dan mikrofon. Letak tombol power dan reset juga tidak biasa, yaitu di pinggiran tengah. Tidak tertutup sepenuhnya, bagian depan Sharkoon T28 dibuat berongga untuk keperluan sirkulasi udara.

Beralih ke bagian samping dan belakang, casing ini menggunakan panel samping kiri yang sebagian menggunakan akrilik. Artinya, pengguna bisa melihat isi casing ketika PC menyala. Beralih ke sisi belakang, Sharkoon T28 rupanya telah menyediakan lubang untuk sistem water cooling, baik untuk VGA maupun prosesor. Sama seperti casing lainnya saat ini, tempat power supply terletak di bawahmotherboard dan slot untuk perangkat berbasis antarmuka PCI.

Casing berkualitas tentunya harus menyediakan ruang dalam yang mumpuni. Sharkoon T28 bisa dibilang menyediakan ruang untuk pemasangan HDD dan SSD, atau perangkat lainnya dalam jumlah yang cukup. Jika diisi penuh, Anda dapat memasang 2 unit SSD dan 4 unit HDD. Docking untuk kedua perangkat ini cukup mudah dipasang dengan pengait tanpa baut, dan uniknya, docking ini bisa dilepas jika pengguna tidak memerlukannya. Ruangan yang tersisa bisa digunakan untuk memasang sistem udara yang lebih efisien.

Selain itu, Sharkoon T28 juga menyediakan fitur cable management posisi pemasangan HDD atau SSD yang menghadap panel samping. Kabel-kabel SATA atau power yang terpasang menjadi tertutup di belakang besi penyangga motherboard.

Untuk sistem sirkulasi udara, Sharkoon T28 memungkinkan pengguna memasang dua unit kipas 120 mm di sisi depan, dan satu unit kipas 120 mm di sisi belakang. Jika memungkinkan, sebenarnya Sharkoon masih bisa menyediakan satu slot di sisi atas untuk kipas 120 mm. Seperti yang sudah dijelaskan, kipas di sisi belakang bisa diganti dengan satu unit sistem water cooling.

Satu kekurangan yang saya lihat pada  Sharkoon T28 adalah letak tombol power dan reset yang cukup sulit dijangkau, jika posisi casing terletak di bawah meja. Posisi kedua tombol yang membantu pengguna tidak salah tekan, tetapi pemisahannya terlalu jauh, yaitu berada di antara rongga untuk slotkipas depan.

Dibanderol dengan harga sekitar Rp1 juta, Sharkoon T28 adalah casing midtower yang berkelas. Fitur ruang penyimpanan dan sistem pendinginan, dan lupa dengan cable management yang cukup sudah bisa menjadi alasan mengapa Anda membeli casing ini.


Related Posts

Yes No