Review| PSU yang abal vs yang handal

sumber Zilbest.com Banyak gamer rela menghabiskan jutaan rupiah demi kartu grafis ataupun prosesor. Namun ketika saatnya memilih Power Supply (PSU), kebanyakan memilih produk murahan atau malah gratisan – yang sepaket dengan casing.

Padahal sebenarnya, PSU merupakan salah satu komponen yang paling tidak boleh dikompromikan. Anda bisa membaca tips yang lebih umum untuk memilih komponen di PC Part Guide.

Kali ini, saya ingin berbagi mengenai perbedaan terbesar antara PSU abal-abal dengan PSU berkualitas.

nutrisi

Sebelum kita masuk ke perbedaannya, mari kita lihat sejenak signifikansi PSU ke PC Anda.

Jika dianalogikan dengan manusia, PSU adalah asupan energi yang kita olah saat kita makan. Anda mau tahu apa yang terjadi jika kita berhenti makan?

Anda bisa melihat video di bawah ini untuk lebih detil dari perspektif biologi, apa yang terjadi ketika kita berhenti makan.

Sederhananya, Anda akan kehilangan tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan Anda sehari-hari. Jika hal ini terus dilakukan, Anda akan meninggal karena tubuh Anda tidak memiliki cukup bahan yang harus diolah untuk metabolisme.

Kalaupun Anda bisa makan tapi dengan jadwal yang tidak seperti biasanya, kemungkinan besar, Anda akan jadi lebih mudah marah karena emosi yang kurang stabil.

hangry-1

Anda yang pernah berpuasa (baik itu untuk alasan religius, ataupun terpaksa – anak kost biasanya nyahaha…) pasti tahu betul apa maksud saya.

Jika Anda bisa makan tapi bukan makanan yang sehat, kemungkinan besar, Anda akan mendapatkan sekian banyak masalah kesehatan seperti kolesterol, asam urat, obesitas, diabetes, dan kawan-kawannya.

Hal itu jugalah yang akan terjadi ke PC kesayangan jika Anda memilih PSU abal-abal. Berikut ini adalah beberapa perbedaan terbesar antara PSU abal-abal dengan yang handal.

1. Cooling System

Suhu alias temperatur adalah musuh utama dari setiap jeroan PC Anda, baik itu procie, kartu grafis, storage, ataupun PSU.

Ketika sebuah komponen kepanasan, mereka akan secara otomatis menurunkan performanya. Karena, setiap komponen modern memiliki pengaman (fail-safe) yang akan secara otomatis aktif ketika suhu komponen mencapai titik tertentu agar tidak terbakar dan tewas mengenaskan.

Plus, jika suhu PSU tinggi, hal tersebut juga akan berpengaruh untuk komponen di sekitarnya – biasanya kartu grafis yang letaknya di atas PSU di kebanyakan casing.

hydro-g-fan

Jadi, PSU berkualitas selalu memperhatikan sistem pendinginan dengan sangat detil. Misalnya saja seri Hydro X dari FSP, yang merupakan seri menengah dari produsen suplai daya kelas atas ini.

FSP Hydro X dilengkapi dengan Hotcore Fan Control Design yang secara otomatis menyesuaikan pendinginan berdasarkan termometer yang dirancang untuk transformator terpanas sekalipun untuk mengukur suhu komponen PSU dengan akurat.

fsp-hydro-x

FSP Hydro X juga dilengkapi dengan kipas berukuran 120mm (double ball bearing) dengan desain aliran udara yang optimal.

Yang pasti, semua PSU yang berkualitas akan menaruh perhatian tinggi terhadap sistem pendinginannya – karena di dunia hardware, panas biasanya berakhir dengan naas.

2. Stability

Stabilitas ini juga tidak kalah penting. Bahkan inilah aspek utama yang dicari dari sebuah PSU berkelas.

Analogi sederhananya, masih sekitar puasa – karena memang pas sekali dengan masalah asupan energi – cobalah berbuka dengan makan tiga piring nasi. Atau malah hanya makan permen sampai saat sahur esok hari. Kemungkinan besar Anda akan sakit maag dalam waktu dekat.

Pola makan yang tidak teratur itu sama buruknya dengan suplai listrik yang tidak stabil. Mungkin Anda tidak akan langsung merasakan dampak negatifnya seketika namun, cepat atau lambat, Anda akan berhadapan dengan banyak masalah karenanya.

PSU yang baik dapat menstabilkan tegangan dan aliran listrik sehingga lebih sehat untuk komponen PC Anda.

fsp-hydro-g-full-package

FSP Hydro G, yang merupakan seri Premium dari FSP, bahkan menawarkan sirkuit kelas server, kapasitor premium dari Jepang, desain rail 12V yang bertenaga, Active PFC ≧ 99%, dan sejumlah teknologi canggih lainnya untuk menjamin stabilitas listrik tingkat tinggi.

Stabilitas listrik ini begitu krusial karena performa PC Anda juga akan sangat bergantung dari aspek ini. Semakin stabil asupan listrik, semakin stabil pula performa PC Anda.

fsp-komponen

3. Efficiency

Faktanya, tidak 100% listrik yang diserap akan diterjemahkan jadi daya komputasi karena sebagian energi listrik tersebut akan terbuang dan berubah jadi panas karena itulah setiap komponen, baik itu PC ataupun ponsel pintar, pasti akan menghasilkan panas.

PSU dengan efisiensi tinggi berarti akan menghemat tagihan listrik bulanan Anda.

fsp-efisiensi

Bermain game itu tidak hanya soal 1-2 jam namun bisa jadi jauh lebih lama dari itu – saya bahkan pernah bermain game nonstop selama 12 jam ^,^.

Plus, karena energi yang terbuang akan berubah jadi panas, semakin tinggi efisiensi akan semakin rendah pula suhu dari sebuah komponen.

Semua model FSP Hydro menawarkan efisiensi tinggi, seri X dan G (≧ 90%) dan seri standarnya (≧ 88%).

Efisiensi daya yang baik tidak hanya berguna di saat kondisi Full Load (saat komponen menarik daya terbesar) namun juga saat Idle atau malah kondisi Sleep (karena saat kondisi Sleep pun, PC Anda sebenarnya tetap menarik daya listrik) seperti teknologi Eco-Minion IC yang terdapat di model FSP Hydro X yang akan menjamin efisiensi daya sampai dengan 82,5% (yang lain biasanya ada di 75%).

fsp-modular

 

4. Detailed Information

Hal ini memang saya taruh di paling akhir namun aspek ini juga yang jadi pembeda antara merek abal-abal dan merek ternama.

Pasalnya, ada banyak informasi yang sebenarnya dibutuhkan ketika memilih PSU – lain kali, saya akan membahas tentang tips ini lebih jauh. PSU merek murahan, biasanya, tidak menawarkan informasi yang detil mengenai produknya di situs resminya – atau bahkan tidak memiliki website sama sekali.

Informasi penting yang saya maksud di sini misalnya sistem modular, yang berarti Anda bisa menyesuaikan jumlah kabel yang terpasang di PSU sehingga akan sangat memudahkan manajemen kabel di dalam casing.

Spesifikasi-Hydro-G-850W-2

Kelengkapan kabel juga penting karena jika kurang, bisa fatal akibatnya. Misalnya kabel power PCI-E 6 pin, Anda bisa jadi batal memasang kartu grafis yang baru Anda beli.

Produsen PSU abal-abal biasanya memang tidak punya orang yang khusus mengurusi website resmi sehingga terbengkalai dan tidak menawarkan spesifikasi yang lengkap.

Spesifikasi-Hydro-G-850W

Anda bisa melihat sendiri ke website resmi FSP untuk melihat detil lengkap dan spesifikasi tiap produk yang ditawarkan, bahkan sampai ukuran dan berat fisik tiap produk.

Jujur saja, saya pribadi juga menilai sebuah merek produk dari sini. Jika sebuah merek bahkan tidak mampu membayar orang untuk menyajikan informasi yang lengkap di website-nya sendiri, kemungkinan besar, produk mereka pun juga tidak dapat diandalkan.

Finally…
Akhirnya, keempat hal tadi merupakan pembeda terbesar yang bisa kita temukan di PSU abal-abal dan yang berkualitas. So, jika Anda memang menyayangi PC gaming Anda dan masih ingin terus bersamanya, Anda sekarang tahu kenapa Anda tidak boleh kompromi dengan membeli PSU murahan.