Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu

GIGABYTE Z170X-Gaming G1 (REVIEW)

By In Review Article On October 28, 2015


*Sumber : JagatReview.com

Platform PC desktop kelas mainstream generasi terbaru dari Intel akhirnya dirilis resmi ke pasaran. Platform tersebut kali ini mengombinasikan prosesor Core i 6th Generation berbasiskan arsitektur CPU Skylake dan motherboard dengan chipset Intel 100 Series. Menariknya, peluncuran platform tersebut dibagi dalam dua gelombang dan diawali dengan peluncuran prosesor Core i 6th Generation K Series beserta motherboard chipset Z170 dimana hal tersebut tampaknya menunjukkan keseriusan Intel dalam mendukung kalangan pengguna kelas enthusiast seperti gamer dan juga overclocker yang selalu menginginkan performa terbaik dari PC mereka. Gelombang pertama pada bulan Agustus pun berlanjut pada bulan September dengan hadirnya varian prosesor lainnya baik untuk platform desktop maupun mobile (notebook/laptop).

Motherboard GIGABYTE Z170X-Gaming G1

Walaupun Intel baru memperkenalkan platform tersebut untuk pertama kalinya pada bulan Agustus, komponen motherboard dengan chipset 100 Series sebenarnya sudah mulai unjuk diri pada ajang Computex 2015 diawal Juni 2015 lalu. Pada saat itu varian motherboard chipset Intel 100 Series memang belum sebanyak saat ini tetapi sudah cukup untuk membuat sejumlah kalangan pengguna untuk bersiap menyambut platform generasi terbaru tersebut.

Di artikel kali ini kami akan kembali mengulas motherboard soket LGA1151 untuk prosesor Core i 6th Generation dimana produk ini sempat membuat pengunjung Computex 2015 dan pembaca kami tidak dapat mengalihkan pandangan mata saat melihatnya, Gigabyte Z170X-Gaming G1. Seperti pendahulunya, produk tersebut merupakan motherboard seri Gaming G1 terbaik berbasiskan chipset Intel 100 Series milik Gigabyte saat ini. Fitur kelas atas apa saja yang dibenamkan dan bagaimana kemampuan motherboard tersebut akan kami sajikan ulasannya berikut ini.

Kesimpulan

Gigabyte Z170X-Gaming G1 memang ditawarkan pada kisaran harga tergolong tinggi, hampir mencapai angka 9 juta rupiah. Walaupun begitu, harga tersebut tampaknya cukup sepadan mengingat Gigabyte memang tidak segan dalam membenamkan teknologi terbaik mereka untuk memuaskan calon penggunanya terutama mereka kalangan gamer.

Hal tersebut memang terlihat dari penggunaan chip audio kelas atas Creative SoundCore 3D ZxRi dimana soundcard terpisah dengan chip sejenis dijual pada kisaran harga lebih dari $100, tiga chip network Killer dari Qualcomm Atheros, dukungan konfigurasi AMD CrossfireX beserta NVIDIA SLI dengan menggunakan hingga empat buah graphics card untuk memastikan game mampu dijalankan pada frame rate setinggi mungkin, dan juga tersedianya fitur instant overclocking (CPU Upgrade di menu BIOS atau Smart Boost (OC)) pada utility EasyTune) sehingga memudahkan pengguna awam dalam mendongkrak performa sistem.

Tidak ketinggalan, Gigabyte juga memberikan sejumlah fitur dimana umumnya hanya ditemukan pada motherboard untuk overclocking seperti onboard button, Debug LED, dan titik pengecekan voltase komponen motherboard dengan menggunakan multimeter. Gigabyte juga tidak luput memberikan konektivitas melimpah seperti dua port USB 3.1 pada panel belakang motherboard, 11 port USB 3.0, enam port USB 2.0, 10 port SATA III 6Gbps dengan dukungan tiga port SATA Express, dan dua slot M.2.

Motherboard GIGABYTE Z170X-Gaming G1

Tidak hanya memberikan perlengkapan melimpah di atas PCB motherboard, Gigabyte juga memberikan setumpuk komponen menarik pada paket penjualan produk ini. Sebut saja kabel SATA dengan pembungkus kain sehingga memberikan penampilan berbeda, backpanel i/o cover dengan lampu LED, 2/3/4-way SLI Bridge, G Connector untuk memudahkan pemasangan kabel front panel casing, GC-M2-U2-MiniSAS Card sehingga dapat menggunakan perangkat storage dengan konektor U.2, dan USB 3.1 5,25 Inch-Bay untuk tambahan dua port USB 3.1 tambahan.

Dengan melimpahnya perlengkapan pada motherboard ini, Gigabyte ternyata tetap memperhatikan sektor performa. Tidak hanya mampu membuat Core i7 6700K mengerahkan performa terbaiknya, motherboard tersebut pun siap mengajak prosesor Intel Skylake K Series dan memori/RAM DDR4 untuk berlari lebih kencang diatas kemampuan standar.

Motherboard ini memang memberikan sejumlah cara sehingga pengguna mampu memeras kemampuan dua komponen tersebut hingga batas maksimalnya. Mulai dari cara instan dengan mengaktifkan semacam overclocking profile atau melalui cara manual dengan mengatur satu persatu setting untuk mendongkrak performa baik dari menu BIOS maupun utility seperti EasyTune. Tentu saja untuk menunjang hal tersebut, Gigabyte telah melengkapi motherboard mereka dengan komponen berkualitas untuk menjamin durabilitas terbaik pada kondisi pemakaian ekstrim.

Motherboard Gigabyte Z170X-Gaming G1

Dengan kemampuan dan fitur yang mampu disajikan, Gigabyte Z170X-Gaming G1 merupakan salah satu pilihan motherboard sangat menarik untuk membangun sebuah PC gaming desktop bertenaga. Tentu saja hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan motherboard tersebut untuk membangun PC desktop biasa mengingat fitur yang ditawarkan tergolong di atas rata-rata motherboard sejenis.

Fitur gaming kelas atas, fitur overclocking lengkap baik untuk pengguna awam dan tingkat lanjut, penggunaan komponen “premium”, paket penjualan menarik, beserta hadirnya sejumlah komponen ekstra untuk melengkapi komponen standar sebuah motherboard Intel Z170, memang menjadi nilai lebih tersendiri untuk mempertimbangkan Gigabyte Z170X-Gaming G1 sebagai motherboard incaran Anda. Untuk kalangan pengguna tertentu, harga motherboard ini memang tergolong tinggi. Akan tetapi jika melihat apa yang Anda dapatkan saat memiliki motherboard tersebut, rasanya akan cukup sepadan dengan dana yang dikeluarkan.


Related Posts

Yes No