Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu

Review: Gigabyte Z170N-Gaming 5

By In Review Article On January 14, 2016


*Sumber : Jagatreview.com

Gigabyte, siapa yang tak kenal pabrikan komponen PC asal Taiwan ini! Pabrikan ini sangat dikenal cepat dalam mengupdate produk-produknya. Terbukti saat Intel menghadirkan platform terbaru, Skylake, Gigabyte dengan cakap merespon dengan menghadirkan jajaran motherboard 100 series untuk mendukung platform tersebut. Salah satu Series terlengkap yang masuk ke Indonesia adalah G1 Gaming Series, dan salah satu motherboard dari G1 Gaming Series tersebut adalah Gigabyte Z170N-Gaming 5.

Gigabyte_Z170N_Gaming5_PIC_Board1

Mungkin platform mini-ITX bukanlah pilihan favorit di kalangan pecinta desktop PC DIY. Namun, bagi user yang ingin membuat sebuah HTPC (Home Theater PC), form factor ini bisa menjadi salah satu pilihan favorit. Kini dengan Form factor ini user tak hanya dapat menciptakan HTPC yang mungil dan efisien namun juga bisa membangun PC desktop game yang bertenaga, dan dengan Z170N-Gaming 5 ini Gigabyte coba menawarkan para penggemar game untuk dapat membangun PC desktop berukuran mini yang bertenaga

KESIMPULAN

 

Meskipun hadir dengan form factor Mini-ITX yang menyebabkan banyak keterbatasan, Gigabyte Z170N-Gaming 5 mampu menunjukan diri sebagai motherboard yang dapat diperhitungkan oleh para gamer yang ingin memiliki PC desktop gaming berbasis Skylake berukuran mini. Memang Anda hanya memiliki satu slot PCI Express x16 dan tak akan pernah bisa menggunakan konfigurasi multi graphic. Tapi yang perlu diingat adalah hingga saat ini konfigurasi multi graphic masih belum bisa mengeluarkan performa seperti yang diharapkan. Jika Anda ingin menggunakan SSD PCI-e ada alternativ menggunakan SSD PCI-e berantarmuka m.2 yang tak kalah cepat.

Sudah tersematnya konektifitas Wi-Fi dan Bluetooth tak akan membuat Anda pusing dengan minimnya ketersediaan port USB di port IO bagian belakang. Minimnya port output video untuk Intel HD Graphic  rasanya juga tak akan menjadi masalah besar selama port HDMI sudah ada, mengingat port HDMI sudah dapat dijumpai  hampir di seluruh monitor di pasaran. Hanya saja hal yang paling mengganggu adalah saat pemasangan header-header internal saat Anda menggunakan CPU heatsink pihak ketiga yang besar, apalagi jika tangan Anda memiliki tangan yang besar.

Gigabyte_Z170N_Gaming5_PIC_1

Performa Gigabyte Z170N-Gaming 5

 

Setelah kami beberapa hari kemarin mencicipi motherboard ini, kami bisa katakan tak ada hambatan yang kami temukan selama pengujian. Secara default telah mampu menangani prosesor Intel Core i7-6700K dengan baik. Bahkan RAM Kingston Hyper X Fury berkecepatan 2666 MHz dapat berjalan sesuai dengan spesifikasi yang diusungnya. Alhasil semua test pengujian dapat dilibas tanpa masalah dan memberikan performa yang memuaskan. Sebagai motherboard dengan chipset Intel Z170, pastilah motherboard ini menawarkan opsi tuning hardware/overclock yang lengkap pada BIOS UEFI-nya. Tak hanya itu, BIOS yang terdapat di motherboard ini juga menyediakan preset-preset yang menyuguhkan peningkatan performa sistem seperti preset yang kami gunakan saat pengujian, yaitu Upgrade CPU. Terdapat lima tingkatan pada preset ini, yaitu 20, 40, 60, 80 hingga 100%. Sayangnya, preset ini hanya meningkatkan kecepatan clock CPU saja, tidak dengan kecepatan clock memori, karena kecepatan memori kami yang secara default berjalan di kecepatan 2666 MHz hanya berjalan 2133 MHz yang merupakan kecepatan dasar dari memori DDR 4 di platform Skylake. Mungkin hal tersebut yang menyebabkan beberapa hasil pengujian dengan mode Upgrade CPU 100% tak berbeda dari mode normalnya. Tapi secara keseluruhan motherboard ini pantas Anda lirik oleh Anda yang ingin memiliki platform Skylake bertenaga dalam bentuk ringkas meski Anda harus siap merogoh dalam-dalam saku Anda untuk memiliki motherboard yang memiliki fitur-fitur premium ini.

Kelebihan:

  1. Kelengkapan paket penjualan cukup melimpah
  2. Desain board yang menarik
  3. UEFI BIOS sangat ramah dengan pengguna
  4. Fitur gaming lengkap
  5. Performa memuaskan
  6. Form factor kecil.
  7. Tawaran garansi panjang

Kekurangan:

  1. Port IO di panel belakang seharusnya bisa lebih banyak dan beragam.
  2. Tak bis menggunakan konfigurasi multi graphic.
  3. Harga tergolong tinggi.


Related Posts

Yes No