Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu

Review: Gigabyte Z170-HD3 DDR3

By In Review Article On January 14, 2016


*Sumber : Jagatreview.com

Melakukan upgrade sistem PC desktop Anda ke platform Skylake saat ini mungkin akan terasa kurang ramah di kantong bagi sebagian orang. Apalagi jika Anda ingin menggunakan motherboard dengan chipset unggulan platform Skylake, Intel Z170. Memang motherboard dengan chipset ini menawarkan berbagai fitur baru dan tentu juga premium, tentunya dengan harganya tak murah dan juga Anda harus memperhitungkan dana untuk RAM DDR4 baru. Mungkin masalah ini akan dapat sedikit teratasi dengan solusi yang disuguhkan oleh Gigabyte yang menghadirkan motherboard berbasis Intel Z170 dengan dukungan memori RAM DDR3, Gigabyte Z170-HD3 DDR3.

Gigabyte_Z170_HD3_DDR3_17

Ketika arsitektur pertama kali diumumkan, Intel jelas menyatakan bahwa dukungan untuk RAM DDR3 bertegangan rendah 1.35V (DDR3L) tersedia untuk platform barunya mereka. Dukungan platform Skylake terhadap memori RAM DDR3 adalah salah satu hal menarik dari platform ini. Hal ini membuat Anda yang ingin upgrade dari platform sebelumnya dipermudah dan dapat menghemat budget Anda karena Anda berpeluang menggunakan RAM DDR3 lama Anda.

Kebetulan beberapa waktu lalu kami berkesempatan mencoba motherboard Z170-HD3 DDR3 yang masuk dalam jajaran Ultra Durable Series Gigabyte ini. Bagaimana kemampuannya menangani prosesor Core i7-6700K saat disandingkan dengan RAM DDR3? Penasaran, simak ulasan kami di artikel Jagatreview.com

KESIMPULAN

Ketika kami pertama kali mengetahui tentang GIGABYTE Z170-HD3 DDR3 sepertinya motherboard ini  sempurna sebagai motherboard entry-level Z170  bagi mereka yang ingin tetap mempertahankan memori DDR3 dari sistem lama mereka ke dalam sistem PC desktop barunya. Apakah pendapat kami berubah setelah menguji motherboard ini? Tidak sama sekali! Ini adalah motherboard yang sempurna dikelasnya. Anda mendapatkan semua fitur utama dari chipset Intel Z170, tanpa pengurangan fitur sama sekali. Model ini memang tak banyak memiliki fitur dan kelengkapan ekstra, namun mengingat motherboard ini salah satu motherboard berbasis Z170 yang harganya terjangkau hal tersebut kami dapat maklumi. Bahkan Anda tetap bisa menggunakan RAM DDR3 non-L di motherboard ini. Kami sendiri menggunakan RAM DDR3 yang memiliki Voltase 1,5V dan tak mendapatkan kendala sama sekali dalam pengujian ini.

Gigabyte_Z170_HD3_DDR3_7

Performa Gigabyte Z170-HD3 DDR3

Sepertinya penggunaan RAM DDR3 pada motherboard ini tak membuat banyak perubahan performa di platform Skylake. Terbukti pada hasil test pengujian kami yang tak mengalami banyak perubahan yang signifikan saat motherboard ini menangani prosesor Intel Core i7-6700K. Dengan motherboard ini Anda juga bisa mendapatkan performa lebih dari fitur overclock frekuensi CPU dan memori yang dimungkinkan pada motherboard berbasis Intel Z170. Bahkan motherboard ini memiliki preset profile overclock yang mempermudah pengguna awam meningkatkan performa sistemnya. Peningkatan yang disuguhkan preset-preset ini juga sangat memuaskan, terbukti dengan hasil tes kami yang meningkat cukup signifikan. Anda yang sudah lebih mahir, ada menu M.I.T. (Motherboard Intelligent Tweaker) yang memberikan opsi tweaking yang lengkap. Menariknya Anda tak akan mendapatkan masalah pada heatsink di VRM, karena kami tak menemukan panas berlebihan saat menggunakan motherboard ini pada mode default ataupun mode overclock.

Secara keseluruhan, GIGABYTE Z170-HD3 DDR3 memberikan kami perbandingan harga dan performa yang memuaskan, dan ke tidak harus menggunakan kit memori DDR3 tegangan rendah yang sulit di cari di pasar Indonesia, mudah kami untuk merekomendasikan motherboard ini ke siapa pun yang ingin upgrade ke platform Skylake dengan budget terbatas.

Kelebihan:

  1. Port IO di panel belakang cukup berlimpah untuk motherboard terjangkau.
  2. Layout board yang menarik.
  3. UEFI BIOS sangat ramah dengan pengguna.
  4. Performa memuaskan.
  5. Ukuran yang lebih ramping memudahkan dipasang pada casing dengan ruang terbatas.
  6. Tawaran garansi panjang.
  7. Peningkatan performa saat Preset OC profile diaktifkan cukup tinggi.
  8. Tersedia dua header internal USB 3.0.
  9. Harga terjangkau.
  10. Tersedia PCI x1.

Kekurangan:

  1.  Kelengkapan penjualan minim.
  2. Chip audio seharusnya bisa menggunakan yang lebih baik.
  3. Tak ada output video DisplayPort.


Related Posts

Yes No