Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu
REVIEW : GIGABYTE Radeon R9 Fury X, Kencang dan Lebih Stabil

REVIEW : GIGABYTE Radeon R9 Fury X, Kencang dan Lebih Stabil

By In Review Article On February 25, 2016


GIGABYTE Radeon R9 Fury X

Sumber ; MetroTvNews


Metrotvnews.com, Jakarta: Akhir tahun lalu AMD sempat merilis salah satu kartu grafis andalannya, yaitu AMD Radeon R9 Fury X. Kartu grafis tersebut menggunakan teknologi terbaru, yaitu High Bandwidth Memory (HBM). Penggunaan HBM pada kartu grafis ini memungkinkan transfer data antara memori grafis dan chip grafis berjalan jauh lebih cepat. Akibatnya, performa pun dapat didongkrak secara drastis.

Tak ingin ketinggalan, GIGABYTE yang merupakan salah satu produsen hardware pun kali ini merilis kartu grafis AMD Radeon R9 Fury X. Ini merupakan salah satu kartu grafis seri tertinggi GIGABYTE untuk lini Radeon, yang menggunakan memori HBM sebesar 4GB dengan memory bus 4096-bit.

Secara fisik, kartu grafis ini memang tidak berbeda dengan Fury X seri reference yang sempat kami uji beberapa waktu yang lalu. Ia masih menggunakan sistem pendinginan air atau water cooling yang sudah terpasang secara permanen. Selain itu, kartu grafis ini juga masih memiliki dimensi yang sama yang lebih kecil ketimbang kartu grafis kelas atas pada umumnya.

GIGABYTE Radeon R9 Fury X masih memiliki spesifikasi yang mirip dengan versi reference. Ia memiliki core clock 1050MHz dan memory clock 50 Mhz dengan bandwidth lebih besar, yaitu 1GBps dan memory bus 4096-bit. Kartu grafis dengan GPU Fiji XT ini juga telah mendukung resolusi 4K, dan tentunya API grafis terbaru seperti Vulkan dan DirectX 12.

Dengan spesifikasi yang sangat mirip, tak heran bila performa kartu grafis ini tidak berbeda jauh dengan versi reference. Meski demikian, kami sempat sedikit terkejut karena berbagai hasil pengujian sempat menunjukkan bahwa kartu grafis ini berjalan lebih baik di berbagai game yang menjadi platform pengujian kami.

Di GTA V misalnya. Jika sebelumnya kami mendapatkan bahwa Fury X reference sempat mendapatkan nilai minimum framerate sebesar 0fps, kini angka tersebut hilang dan melonjak ke 21fps. Performa tinggi juga terlihat di game Ashes of The Singularity 1.0, pada konfigurasi maksimal dengan menggunakan DirectX 11 kartu grafis ini berhasil memperoleh framerate maksimal hingga 56fps.

Kesimpulan

Sebagai kartu grafis kelas atas, sudah sepatutnya bila GIGABYTE Radeon R9 Fury X memiliki performa grafis yang tinggi. Secara keseluruhan performanya memang tidak berbeda jauh dengan versi reference.

Namun, karena versi reference tidak akan tersedia di pasar Indonesia, kartu grafis ini merupakan alternatif tepat bagi Anda yang ingin menjajal kemampuan teknologi HBM.

Kelebihan

  • Performa kencang dan lebih stabil
  • Bonus software overclocking
  • Potensi overclocking tinggi

Kekurangan

  • Pemasangan sedikit rumit
  • Tidak ada pilihan CrossFire


Related Posts

Yes No