Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu
REVIEW : GIGABYTE Radeon R9 390 G1 Gaming, Mampu Libas Game Terkini

REVIEW : GIGABYTE Radeon R9 390 G1 Gaming, Mampu Libas Game Terkini

By In Review Article On February 25, 2016


GIGABYTE R9 390X G1 Gaming

Sumber ; MetroTvNews


Metrotvnews.com, Jakarta: Jika Anda terus mengikuti perkembangan ulasan kartu grafis kami, Anda pasti ingat bahwa kami sempat mengulas kartu grafis GIGABYTE Radeon R9 390X G1 Gaming. Kali ini, kami akan mengulas saudara dekat dari kartu grafis tersebut, yaitu GIGABYTE Radeon R9 390 G1 Gaming.

Jika dilihat dari tampilannya, kartu grafis ini memang sama persis dengan saudaranya, yaitu GIGABYTE Radeon R9 390X G1 Gaming. Ia masih menggunakan sistem pendingin khas GIGABYTE, WINDFORCE, yang dilengkapi dengan dua kipas. Di bagian pinggirnya, terdapat tulisan WINDFORCE yang dihiasi oleh lampu berwarna biru, serta sebuah indikator yang memperlihatkan apakah kartu grafis sedang berjalan dengan tenaga penuh atau tidak

Jika dibandingkan dengan versi 390X, GIGABYTE Radeon R9 390 G1 Gaming memiliki spesifikasi yang tidak berbeda jauh. Selisihnya bahkan hanya sebesar 35MHz di bagian core clock. Sedangkan untuk bagian lainnya seperti memory clock dan besar memori yang digunakan, kartu grafis ini masih sama dengan versi 390X, yaitu memiliki memori GDDR5 sebesar 8GB dan kecepatan memori hingga 6000Mhz.

GIGABYTE Radeon R9 390 G1 Gaming juga memiliki lima port input-output (I/O) dan dapat mendukung penggunaan hingga empat monitor. Port I/O yang dihadirkan juga tergolong lengkap, yaitu terdiri dari tiga buah DisplayPort, satu buah port HDMI, dan satu buah port DVI-D. Kartu grafis ini juga telah mendukung penggunaan monitor dengan resolusi hingga 4096 x 2160 pixel atau 4K.

Sama seperti versi 390X yang sempat kami uji sebelumnya, GIGABYTE Radeon R9 390 G1 Gaming memiliki performa yang cukup memuaskan. Dari berbagai pengujian yang kami lakukan, kartu grafis ini mampu memainkan berbagai game dengan setting grafis maksimal pada resolusi 1080p dengan rata-rata framerate berada di sekitar angka 55-60fps. Pantauan kami selama pengujian hanya Company of Heroes 2 saja yang memiliki performa di bawah rata-rata.

Selain itu, pengujian menggunakan 3DMark Fire Strike juga menunjukkan bahwa kartu grafis ini memang memiliki performa yang tergolong tinggi. Dalam pengujian tersebut, GIGABYTE Radeon R9 390 G1 Gaming mampu meraih skor hingga 7031 poin, atau kurang lebih 900 poin lebih tinggi dari kartu grafis Radeon R9 380X yang berada setingkat di bawahnya.

Kesimpulan

GIGABYTE Radeon R9 390 G1 Gaming merupakan salah satu kartu grafis AMD dari GIGABYTE yang bisa mempertahankan statusnya sebagai kartu grafis kelas atas. Performa gaming yang dimiliki tergolong memuaskan dan ia telah mampu disandangkan dengan komponen terkini seperti monitor 4K, bahkan mungkin kacamata VR.

Keunggulan utama kartu grafis ini adalah memorinya yang sangat besar, yaitu 8GB. Meskipun masih menggunakan teknologi GDDR5, namun memori 8GB sudah lebih dari cukup untuk melibas berbagai game di resolusi tinggi. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah kartu grafis ini cukup rakus daya. Pihak GIGABYTE pun merekomendasikan penggunaan power supply berdaya minimal 600W agar kartu grafis ini dapat bekerja dengan semestinya.


Kelebihan

  • Performa bagus
  • Memori besar

Kekurangan

  • Butuh daya besar

Related Posts

Yes No