Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu

Review: Gigabyte GTX 970 Xtreme Gaming

By In Review Article On January 14, 2016


*Sumber : Jagatreview.com

Saat ini gamer telah menjadi pasar yang sangat menarik bagi produsen perangkat teknologi. Tak hanya menarik bagi vendor yang menawarkan perangkat aksesoris game seperti mouse, keyboard, dan headset tapi menarik juga bagi para produsen komponen komputer. Embel-embel nama “gaming” akan dengan mudah menarik minat para konsumen setidaknya untuk menjadikan produknya tersebut dilirik. Salah satu produsen yang turut terjun menghadirkan produk dengan nama Gaming adalah Gigabyte yang baru-baru ini memasarkan graphic card Xtreme Gaming Series. Bahkan sepertinya mereka rela mengganti nama lini SOC (Super Overclock) pada jajara graphic card mereka dengan seri terbarunya ini.

Gigabyte_GTX970GamingExtreme_Header

Kebetulan kami berkesempatan mencoba beberapa seri graphic card dari lini Xtreme Gaming Series Gigabyte ini. Setelah sebelumnya kami kedatangan Gigabyte GTX 950 Xtreme Gaming yang performanya mampu bersaing dengan GeForce GTX 960, kini kami berkesempatan mencicipi salah satu seri Xtreme Gaming yang GPU-nya  menjadi salah satu favorit gamer saat ini yaitu Gigabyte GTX 970 Xtreme Gaming.

Kesimpulan

Gigabyte_GTX970GamingExtreme_Header2

Memang, Gigabyte GTX 970 Xtreme Gaming bukanlah graphic card GeForce GTX 970 dengan spesfikasi tertinggi di pasaran, namun performanya tak dapat diragukan lagi. Terlihat dari hasil pengujian kami, bahwa graphic card ini hampir mampu mensejajarkan diri dengan GeForce GTX 980 di resolusi Full-HD. Anda bisa memainkan game-game kelas AAA diresolusi tersebut tanpa masalah sedikit pun. Bahkan Anda akan mendapatkan frame rate yang tinggi meski game-game tersebut dijalankan dengan seting detil maksimal.

Untuk urusan pendingin, kami tak akan pernah meragukan pendingin yang disediakan Gigabyte. Mungkin Anda akan mendapatkan bisa mendapatkan performa GeForce GTX 970 yang lebih baik di luar sana, tapi jika urusan suhu kerja, Gigabyte GTX 970 Xtreme Gaming dengan pendingin WindForce 3X merupakan salah satu yang terbaik. Terbukti pada saat pengujian kami mendapatkan suhu kerja tertinggi graphic card ini berada di angka 63°C (fan speed: Auto @69%) saat Full-load. Bahkan pada dengan kecepatan kipas yang berputar hampir 70%, kami tak mendengar ada suara bising yang dihasilkan kipas tersebut. Gigabyte juga menyematkan fitur 0 db yangmana akan membuat kipas graphic card ini tak berputar saat tak bekerja terlalu intensif.

Jadi bagi Anda yang sedang mencari graphic card baru berperforma tinggi namun dengan suhu kerja yang rendah, graphic card yang perlu Anda tengok adalah Gigabyte GTX 970 Xtreme Gaming. Apalagi mengingat ada dukungan garansi tiga tahun dari Gigabyte yang membuat Anda akan merasa nyaman menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Untuk Anda yang gemar extreme overclocking, graphic card ini juga layak dipilih karena Gigabyte menyematkan 10+2 power phases dan juga menggunakan chokes dan kapasitor yang sama dengan yang digunakan GeForce Titan X.

Kelebihan:

  1. Sistem pendingin membuat suhu terjaga.
  2. Suhu kerja rendah.
  3. Desain menarik.
  4. Kelengkapan penjualan yang menarik.
  5. Bodi lebih pendek, mempermudah dipasangkan di casing yang memiliki ruang terbatas.
  6. Clock GPU dan memori tinggi.
  7. Performa game memuaskan baik diresolusi Full-HD maupun 4K.
  8. Hening.
  9. Fitur kipas 0 bd
  10. Komponen berkualitas tinggi
  11. 10+2 power phases yang membantu menjaga rendahnya suhu komponen yang digunakan.

Kekurangan:

  1. Bahan plastik kurang kokoh.
  2. Konsumsi daya tinggi
  3. Performa game di resolusi 4K terlalu pas-pasan.

Related Posts

Yes No