Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu
NEWS | Pentingnya Perlindungan Korosi untuk Motherboard

NEWS | Pentingnya Perlindungan Korosi untuk Motherboard

By In News On May 17, 2016


Korosi adalah musuh semua peralatan elektronik, tidak terkecuali motherboard sebagai jantung dari komputer yang kita pakai. Korosi terjadi melalui proses alam yang tidak dapat dihindari akibat proses oksidasi terhadap logam, dan pada akhirnya dapat mengganggu fungsi dari komponen yang terkena korosi.

Motherboard dibangun dari berbagai komponen yang menggunakan bahan dasar logam, seperti kapasitor, resistor, transistor dan sebagainya. Komponen-komponen ini sangat rentan mengalami korosi, terutama di daerah dengan kelembaban tinggi misal daerah yang berdekatan dengan laut atau pantai, atau di ruangan yang kurang ventilasi dan tanpa  alat pendingin ruangan.

Selain dari proses alami, korosi juga terjadi akibat kelalaian pengguna, misalnya komponen terkena tumpahan cairan. Contoh lain adalah casing bisa kemasukan binatang kecil seperti kecoa, cicak dan kemudian binatang ini bersarang  di dalam casing dan pada periode lama kotoran dari binatang binatang ini mengenai komponen atau PCB dari motherboard kemudian menyebabkan korosi. Korosi juga dapat terjadi lebih cepat dan meluas akibat kurangnya perawatan pada komponen di dalam PC. Misal akumulasi debu dan partikel partikel halus di dalam casing yang tidak pernah dibersihkan pada akhirnya menyebabkan sirkulasi udara di dalam casing menjadi tidak efektif dan dalam waktu tertentu menjadi pemicu korosi pada area tertentu.

korosi Korosi, secara umum tidak dapat diperbaiki. Pada kasus tertentu korosi yang terjadi pada komponen yang tidak krusial memang dapat dilokalisir tapi ingat bahwa sifatnya sementara, korosi akan terus menyebar pada area dan komponen lainnya.

Gambar disamping ini menunjukan korosi yang terjadi pada salah satu komponen, mengakibatkan tidak berfungsinya komponen tersebut dan pada akhirnya membuat komputer secara total tidak dapat lagi digunakan.

Pengguna komputer banyak yang tidak menyadari bahwa meskipun resiko korosi baik secara lami maupun non alami pasti sangat tinggi namun korosi umumnya tidak termasuk dalam cakupan garansi, baik itu pada komponen motherboard, kartu grafis, memori dan lain sebagainya.  Biasanya akan menjadi perdebatan ketika PC tidak berfungsi dan dilakukan klaim service kemudian dari hasil pengecekan oleh pihak service dinyatakan komponen mengalami korosi dan otomatis garansi void alias tidak berlaku.

GIGABYTE, produsen terdepan dalam teknologi motherboard, melihat dengan sangat serius efek dari korosi ini mengingat ketika korosi tidak tercakup dalam garansi maka hanya pihak yang paling dirugikan adalah pengguna akhir. Karena alasan inilah GIGABYTE kemudian mencari solusi untuk mengurangi kasus-kasus korosi. Pada tahun 2013 GIGABYTE merilis sebuah teknologi yang dapat mengurangi terjadinya korosi pada motherboard yang diproduksinya.korosi_2

Teknologi ini memanfaatkan lapisan pada PCB di motherboard, dengan menambahkan satu lapisan lagi pada PCB sehingga menambah kerapatan pelapis bagian atas PCB dapat mencegah korosi terjadi dengan cepat. Lapisan ini akan melindungi komponen dan jalur pada PCB tidak mengalami korosi dalam waktu singkat.

Selain perlindungan plus pada fisik motherboard, untuk menambah kepuasan pengguna akhir, PT NJT selaku distributor tunggal produk GIGABYTE Motherboard di Indonesia memberikan garansi korosi selama 1 tahun pertama bagi semua model motherboard Gigabyte yang resmi didstribusikan PT NJT di wilayah Indonesia. Pastikan produk GIGABYTE motherboard yang anda beli berasal dari PT NJT yang dapat dibuktikan dengan logo Garansi 3 Tahun by PT NJT dan logo garansi korosi seperti gambar di bawah ini.

              GARANSI ANTI KOROSI                       Sticker garansi 3th NJT - 2016


Related Posts

Yes No