Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu
REVIEW | Mengenal lebih dalam tentang pendingin kartu grafis WINDFORCE dari GIGABYTE

REVIEW | Mengenal lebih dalam tentang pendingin kartu grafis WINDFORCE dari GIGABYTE

By In Review Article On May 21, 2016


Kartu grafis atau kerap disebut VGA (Video Graphic Array), adalah salah satu komponen penting di dalam sebuah desktop PC. VGA sangat dominan dalam mempengaruhi kinerja aplikasi tiga dimensi, salah satu yang paling popular adalah game. Sebuah desktop PC dengan embel-embel “Gaming” tidak sah rasanya jika tidak menggunakan VGA. Persepsi hampir semua calon konsumen adalah bila pada spesifikasi PC tercantum VGA non onboard, maka dapat dikategorikan sebagai PC Gaming.

Salah satu bagian krusial dari VGA dan bisanya jadi faktor penting pertimbangan ketika memilih VGA adalah desain pendingin yang eye catching dan efisien dalam mendinginkan VGA ketika digunakan. Tidak heran bila semua pabrikan VGA berlomba-lomba menciptakan desain pendingin dengan berbagai macam bentuk dan teknologi, tentu tanpa mengesampingkan faktor estetika pada desain. Salah satu pabrikan VGA yang menjadi barometer solusi pendingin VGA adalah GIGABYTE, dengan solusi pendingin legendaris WINDFORCE.

“WINDFORCE dari GIGABYTE memiliki beberapa varian, tergantung kelas GPU yang digunakan, untuk kelas mainstream disebut WINDFORCE 2X sedangkan kelas enthusiast/high-end GIGABYTE menyebutnya WINDFORCE 3X.”

Pada prinsipnya perbedaan utama terletak pada jumlah kipas yang digunakan, WINDFORCE 2X memiliki dua buah kipas pendingin sedangkan WINDFORCE 3X memiliki tiga buah kipas pendingin.

GV-N950XTREME-2GD_1

WINDFORCE 2X pada GIGABYTE GV-N950XTREME-2GD

GV-N980XTREME-4GD_1

WINDFORCE 3X pada GIGABTYE GV-N98TXTREME-6GD

                                            

Desain Kipas Pendingin WINDFORCE

“Alur pada semua bilah kipas pendingin menarik lebih banyak udara tanpa perlu berputar maksimum untuk proses pendinginan yang lebih cepat dan efisien dibanding kipas biasa”

Desain bentuk kipas yang digunakan pada pendingin WINDFORCE berbeda dengan bentuk kipas pendingin pada umumnya. Pada gambar disamping terlihat jelas ada alur pada semua bilah kipas. Alur ini berfungsi untuk menarik udara lebih banyak dibandingkan desain kipas biasa, otomatis dengan volume udara yang lebih banyak maka proses pendinginan akan lebih cepat dan efisien. Dampak positif lainnya dari desain ini adalah putaran kipas tidak perlu pada kecepatan maksimum yang dapat menimbulkan kebisingan untuk menghasilkan efisiensi pendinginan yang baik. Desain ini secara teoritis di klaim oleh GIGABYTE menghasilkan volume udara lebih banyak hingga 23%.

Putaran kipas berlawanan arah agar tidak terjadi turbulensi udara sehingga udara yang diambil fresh dan temperatur rendah”

Bukan hanya desain kipas, arah perputaran kipas pada WINDFORCE juga berbeda, putaran kipas dengan jumlah kipas lebih dari satu umumnya berputar pada arah yang sama. Tapi untuk WINDFORCE 2X dengan 2 buah kipas pendingin, putaran kedua kipas justru berlawanan arah dengan tujuan agar tidak terjadi turbulensi udara sehingga udara yang diambil oleh kipas adalah udara yang fresh dan temperaturnya rendah. Bila dua buah kipas berputar searah, udara dari kipas pertama akan terambil oleh kipas kedua, dimana udara tersebut temperaturnya sudah naik (akibat pelepasan panas dari kipas pertama).

http://www.gigabyte.com/KeyFeature/478/img/16.gif

Khusus untuk WINDFORCE 3X dengan tiga buah kipas pendingin, 2 buah kipas di kiri dan kanan memiliki perputaran yang searah, tapi kipas yang ditengah berputar berlawanan arah dengan putara 2 kipas lainnya. Prinsipnya sama, kipas ditengah menjadi pencegah terjadinya turbulensi udara untuk memastikan udara yang diambil oleh kipas pendingin temperaturnya masih normal atau belum terkontaminasi dari proses pendinginan.

http://www.gigabyte.com/KeyFeature/455/img/content/cooling/cooling_2.gif

Desain Heat-pipe (pipa menyalur panas)

Gambar disamping menunjukkan bentuk dari heat-pipe yang berfungsi untuk memindahkan panas dari GPU ke heatsink dan selanjutnya panas dilepaskan dengan bantuan kipas. Terlihat jelas desain heat-pipe pada WINDFORCE langsung menyentuh pada bagian GPU tanpa ada material logam lain. Heat-pipe menggunakan bahan tembaga yang dikenal dengan sifat penghantar panas yang baik, sehingga panas dapat dihantarkan dengan lebih cepat ke bagian heatsink.

“Desain heat-pipe WINDFORCE berdampak positif pada kecepatan pendinginan dan secara umum membantu menjaga temperature operasional terutama GPU tetap rendah meski pada kondisi full-load”

Temperatur GPU yang terlalu tinggi dapat menyebabkan game berjalan tersendat, crash, restart dan bahkan pada kondisi overheat dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan GPU rusak secara permanen.

Dengan berbagai penjelasan diatas, jelas dapat disimpulkan bahwa teknologi WINDFORCE dari GIGABYTE ini memberikan beberapa manfaat bagi penggunanya, yaitu :

  • Menjaga temperatur operasional tetap rendah dengan tetap mempertahankan tingkat kebisingan yang juga rendah
  • Umur pakai kipas lebih panjang karena kipas tidak perlu berputar pada kondisi maksimum. Otomatisi ini akan memperpanjang umur pakai VGA
  • WINDFORCE memastikan kinerja atau performa VGA selalu pada performa maksimal sehingga game atau aplikasi tiga dimensi lainnya berjalan dengan lancar dan stabil setiap saat.

 


Related Posts

Yes No