Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu
REVIEW | LIndungi Data Anda Dengan Portable Eksternal Hardisk Silicon Power A65

REVIEW | LIndungi Data Anda Dengan Portable Eksternal Hardisk Silicon Power A65

By In Review Article On July 14, 2016


Kebutuhan akan tempat atau media penyimpanan data saat ini semakin tinggi permintaannya khususnya media penyimpanan data dengan mobilitas tinggi. Hal ini dibarengi dengan semakin besarnya ukuran file/data yang akan disimpan, mulai dari data data penting hingga file multimedia yang semakin hari semakin besar. Saat ini memang ada solusi penyimpanan data cloud, namun solusi ini sangat membutuhkan koneksi internet yang cepat dan koneksi internet yang ideal untuk mengambil data dari cloud tidak merata pada semua area atau lokasi.

Tidak heran bila pada awalnya solusi paling sederhana untuk menyimpan data dengan mobilitas tinggi adalah dengan menggunakan USB Flash Disk, namun limitasi kapasitas dan tingginya harga USB Flash Disk dengan kapasitas diatas 64GB menjadikan pilihan ini kurang popular bagi konsumen yang membutuhkan media penyimpanan data ringkas, mobilitas tinggi tapi kapasitas besar. Solusi lainnya yang berkembang adalah menggunakan hardisk internal yang dipasangi dengan enclosure hardisk dengan antarmuka USB. Solusi ini cukup tepat untuk menyimpan data berukuran besar karena limitasi kapasitas tergantung pada hardisk yang digunakan, tapi kelemahannya terletak pada kualitas enclosure itu sendiri. Tidak sedikit kejadian dimana hardisk malah menjadi rusak ketika dipasangkan dengan enclosure hardisk murah, dan ketika hardisk tersebut rusak otomatis data didalamnya tidak lagi dapat di akses. Belum lagi kemampuan enclosure tersebut menahan beban dan tahan terhadap goncangan.

Silicon Power adalah salah satu produsen yang membuat solusi penyimpanan data menggunakan portable hardisk eksternal namun menambahkan beberapa fungsi fungsi tambahan untuk melindungi data yang tersimpan di dalam hardisk.

Silicon Power Armor A65/A65M

Produk pertama yang kita bahas adalah Silicon Power seri Armor A65 dan 65M (untuk model A65M perbedaannya terletak pada dukungan operating system, A65M hanya mendukung operating system Mac OS 10.5 keatas).

loading

Hardisk di dalam Silicon Power Armor A65/A65M dilindungi dengan beberapa lapisan mulai dari lapisan khusus yang melindungi hardisk, lapisan karet anti air yang mencegah air masuk ke dalam hardisk dan pelindung kombinasi plastik dan karet pada bagian luar untuk meredam getaran.

loading

Spesifikasi khusus dan berbeda dibandingkan dengan produk sejenis lainnya menjadikan Silicon Power Armor A65/A65M adalah salah portable hardisk pertama yang mendapatkan sertifikasi IP-67  yang merupakan standarisasi internasional untuk produk anti-air. Sertifikasi IP-67 menjadikan Silicon Power Armor A65/A65M tahan air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit, artinya ketika produk ini tanpa sengaja jatuh ke dalam air dan tenggelam pada kedalaman hingga 1 meter selama 30 menit, produk ini tetap dapat digunakan dengan normal.

Bukan hanya dari sisi anti-air, Silicon Power Armor A65/A65M juga memiliki standarisasi MIL-STD 810G Method 516.7 Procedure IV (transit drop test), standarisasi ini menunjukkan produk Silicon Power Armor A65/A65M tetap dapat berfungsi dengan baik meskipun dijatuhkan (tanpa tekanan tambahan) pada ketinggian 122 cm pada 26 titik yang berbeda.

Sertifikasi IP-67 dan standarisasi MIL-STD 810G Method 516.7 Procedure IV (transit drop test) adalah gambaran dari kejadian tidak terduga ketika kita sebagai konsumen menggunakan produk portabel hardisk yang dapat menyebabkan data di dalam portabel hardisk tidak dapat lagi diakses atau digunakan, dan Silicon Power Armor A65/A65M menghadirkan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya khususnya dari sisi perlindungan data.

Sedangkan dari sisi perlindungan data secara internal, Silicon Power Armor A65/A65M dilengkapi dengan sebuah software SP HDD Lock Utility yang dapat di unduh secara gratis di http://www.silicon-power.com/support/file/lang/utf8/SP%20HDD%20Lock%20Utility%20V1.0.5.7z . Software ini akan mengunci data data di dalam Silicon Power Armor A65/A65M sehingga hanya yang mengetahui password saja yang dapat mengakses data di dalamnya. Perlu diingat SP HDD Lock Utility hanya kompatibel dengan operating system Microsoft Windows saja.

Silicon Power Armor A65/A65M adalah pilihan tepat bagi konsumen yang membutuhkan sebuah solusi penyimpanan data portabel berkapasitas tinggi (tersedia dengan kepasitas 500GB, 1TB dan 2TB), mobilitas tinggi, tahan banting dan anti-air (sertifikasi IP-67 dan standarisasi MIL-STD 810G Method 516.7 Procedure IV (transit drop test)  , kecepatan transfer data tinggi dengan antar muka USB 3.1 Gen 1 atau USB 3.0 dan dapat digunakan pada berbagai system operasi seperti Windows 10/8.1/8/7/Vista/XP, Mac OS 10.5.x, Linux 2.6.x (kecuali A65M yang hanya mendukung Mac OS 10.5 keatas). Silicon Power Armor A65/A65M juga di proteksi dengan garansi selama 3 Tahun, salah satu produk portabel hardisk dengan garansi terpanjang yang ada dipasaran.


Related Posts

Yes No