Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu
REVIEW | GIGABYTE H170M-D3H, Mungil Belum Tentu Lemah

REVIEW | GIGABYTE H170M-D3H, Mungil Belum Tentu Lemah

By In Review Article On August 2, 2016


Metrotvnews.com, Jakarta: Pengguna PC bisa dibilang dapat dikategorikan dalam dua jenis jika melihat dari bentuk PC idamannya. Ada pengguna yang lebih suka menggunakan PC berukuran besar, sangar, dan memiliki tampilan keren. Namun, ada pula pengguna yang lebih suka dengan PC berukuran minimalis, simpel, serta ringkas, dan inilah yang menjadi target pasar yang diincar oleh GIGABYTE melalui motherboard H170M-D3H.

GIGABYTE H170M-D3H merupakan motherboard Micro-ATX yang mungil dan ringkas. Meski demikian, motherboard ini masih dilengkapi dengan berbagai fitur terkini, sehingga membuatnya bisa tampil dengan performa layaknya motherboard dengan form factor lebih besar.

Secara tampilan H170M-D3H memang tidak semenarik motherboard GIGABYTE lain yang memiliki embel-embel gaming atau yang lainnya. Ia hanya dilengkapi dua heatsink yang ditempel di bagian chipset dan VRM. Namun, di balik wujud fisiknya yang tidak begitu menarik, motherboard ini memiliki cukup banyak fitur yang bisa membuat PC mungil Anda tampil bertenaga.

H170M-D3H hadir dengan chipset Intel H170. Chipset tersebut memang bukan termasuk chip kelas atas dan tidak dilengkapi dengan fitur overclocking. Bila Anda hanya membutuhkan PC untuk sekedar bermain game dan kegiatan multimedia lainnya, saya rasa motherboard ini sudah sangat mumpuni karena ia telah bisa dipadukan dengan berbagai komponen terkini.

Selain telah mendukung penggunaan prosesor Intel Skylake terbaru, H170M-D3H juga telah dilengkapi dengan slot PCIe 3.0, sehingga Anda bisa menggunakan kartu grafis terkini, seperti Radeon RX 480 atau NVIDIA GeForce GTX 1060. H170M-D3H juga telah mendukung penggunaan memori DDR4 yang bisa mendukung hingga kapasitas 64GB.

Untuk penyimpanan, Anda memiliki opsi menggunakan 6 port SATA atau 2 port SATA Express yang terdapat di motherboard ini. Selain itu, terdapat juga opsi menggunakan M.2 PCIe SSD yang menawarkan kecepatan transfer data lebih kencang.

Bagaimana dengan performanya?

GIGABYTE H170M-D3H menawarkan performa yang tergolong cukup baik. Secara keseluruhan, performanya sangat mirip dengan saudaranya yaitu GIGABYTE H170-HD3 yang telah diulas beberapa waktu yang lalu. Keduanya bahkan bisa dikatakan sebagai produk kembar dengan ukuran yang berbeda.

Beberapa pengujian yang dilakukan pada H170M-D3H juga membuktikan bila motherboard tersebut sama seperti H170-HD3. Skor pengujian PCMark dan Cinebench R15 menunjukkan bila H170M-D3H hanya memiliki selisih skor tak lebih dari 10 poin dengan saudaranya. Sedangkan pengujian menggunakan SuperPi 32MB, serta pengujian kompresi dan ekstraksi file 1GB menunjukkan hasil yang sangat mirip.

Kesimpulan

Bagi Anda yang tidak suka dengan PC berukuran besar, motherboard ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam membangun PC berukuran ringkas. Ia memiliki berbagai port dan slot dengan teknologi terkini sehingga Anda bisa memadukannya dengan berbagai komponen baru.

Minusnya, motherboard ini memiliki desain yang rapat sehingga beberapa pendingin prosesor berukuran besar akan sulit untuk dipasang. Selain itu, motherboard ini juga belum dilengkapi dengan opsi koneksi lain seperti WiFi serta USB Type-C.


Related Posts

Yes No