Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu
REVIEW | GIGABYTE H170-Gaming 3, Lebih Ekonomis dengan Performa Bersaing

REVIEW | GIGABYTE H170-Gaming 3, Lebih Ekonomis dengan Performa Bersaing

By In Review Article On June 16, 2016


GIGABYTE H170-Gaming 3 sangat mirip dengan saudaranya, GIGABYTE Z170X-Gaming 3. Bahkan heatsink, hingga corak warna dan desainnya benar-benar mirip.

Metrotvnews.com, Jakarta: Motherboard gaming yang rata-rata menggunakan chipset Z170 memang dibanderol dengan harga yang relatif tinggi. Chipset tersebut memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah memungkinkan prosesor untuk overclock.

Namun, bagi gamer yang enggan melakukan overclock, fitur tersebut tentu tidak berguna. Lalu apakah ada solusinya?

Produsen motherboard seperti GIGABYTE memberikan solusi berupa motherboard dengan chipset H170 yang diberikan berbagai fitur gaming, seperti GIGABYTE H170-Gaming 3. H170 merupakan chipset di bawah Z170 yang ditujukan untuk pengguna kelas menengah. Chipset H170 tidak mendukung fitur overclock.

Secara tampilan, GIGABYTE H170-Gaming 3 sangat mirip dengan saudaranya, GIGABYTE Z170X-Gaming 3. Bahkan heatsink, hingga corak warna dan desainnya benar-benar mirip. Yang membedakan adalah adanya beberapa fitur yang dipangkas karena motherboard ini ditujukan untuk kalangan dengan dana yang lebih terbatas.

Meski demikian, GIGABYTE H170-Gaming 3 masih sangat mumpuni untuk menemani sesi gaming Anda. Ia telah memiliki dua slot PCIe x16 yang telah dilapisi oleh lapisan pelindung khusus. Ia juga telah menggunakan komponen Ultra Durable 3, dan telah mendukung peggunaan memori DDR4.

Untuk fitur gaming, motherboard ini telah dilengkapi dengan Killer E2200 Gaming Networks, UEFI DualBIOS, serta dukungan terhadap SLI dan CrossFire. Jika membutuhkan penyimpanan berkecepatan tinggi, GIGABYTE H170-Gaming 3 telah hadir dengan dukungan terhadap PCIe SSD dan M.2 SSD.

Selain itu, motherboard ini juga telah dilengkapi dengan dua konektor SATA Express yang bisa memberikan kecepatan transfer data hingga 16Gbps.

Lalu bagaimana dengan performanya?

Secara mengejutkan GIGABYTE H170-Gaming 3 ternyata memiliki performa yang tidak berbeda jauh dengan GIGABYTE Z170X-Gaming 3. Dari berbagai pengujian yang kami lakukan, mulai dari pengujian menggunakan PCMark 8, SuperPi 32MB, dan Cinebench R15, semuanya menunjukkan bila secara garis besar motherboard ini memiliki performa yang sangat baik.

Memang performanya berada di bawah GIGABYTE Z170X-Gaming 3, namun selisihnya tidak jauh. Bahkan di pengujian kompresi dan ekstrasi file sebesar 1GB, motherboard ini mampu memiliki skor yang sama dengan saudaranya tersebut.

Kesimpulan

GIGABYTE H170-Gaming 3 merupakan motherboard yang sangat cocok bagi Anda yang ingin menggunakan motherboard gaming dengan dana terbatas. Dengan selisih harga hingga Rp700 ribu dengan motherboard GIGABYTE Z170X-Gaming 3, GIGABYTE H170-Gaming 3 mampu menghadirkan performa yang mirip dengan saudaranya tersebut. Bedanya, motherboard ini tidak mendukung overclocking.

GIGABYTE H170-Gaming 3

Kelebihan

  • Performa bagus
  • Lebih ekonomis dari versi Z170

Kekurangan

  • Tidak mendukung overclocking

Related Posts

Yes No