You need to log in to create posts and topics.

batasan powerbank di pesawat yang wajib kamu ketahui

Halo semua, sebelum thread ini saya mulai, perkenalkan saya baskara dari jakarta, saya bekerja di salah satu perusahaan servis mobil dan perawatan berkala, kami juga menyediakan jasa sewa atau rental mobil. Kami menyediakan seluruh jasa perawatan mobil dan perbaikan kendaraan dan servis khusus untuk menjaga kondisi mobil Anda agar selalu prima, mulai dari perawatan berkala yang dilakukan secara periodik, hingga perbaikan komponen kendaraan.

Nah, Kali ini saya akan membahas mengenai seberapa besar kapasita powerbank yang bisa di bawa oleh pengguna ke dalam pesawat.

Direktorat Jenderal Perhubungan Hawa Kemenhub menghasilkan ketentuan powerbank ataupun baterai eksternal yang boleh serta tidak boleh dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Perihal ini cocok dengan ketentuan International Air Transport Association( IATA).

Ada pula kapasitas powerbank yang dibolehkan masuk ke dalam kabin pesawat merupakan 160 Wh( watt- hour). Maskapai- maskapai di Indonesia pula memakai syarat dari IATA itu bagaikan acuan. Syarat tersebut dipertegas Dirjen Hubud Departemen Perhubungan dalam suatu penjelasan tertulis dini Maret 2018 ini.

Dalam penjelasan tersebut diterangkan kalau powerbank dengan rating di dasar 100 Wh bisa dibawa dalam bagasi kabin. Sebaliknya, powerbank dengan rating 100 Wh s. d. 160 Wh wajib lewat persetujuan maskapai yang bersangkutan.

Ada pula batasan powerbank di pesawat dengan rating lebih dari 160 Wh sama sekali dilarang buat dibawa dalam penerbangan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari web Direktorat Jenderal Perhubungan Hawa Kemenhub, Kamis( 8/ 3/ 2018).

Walaupun terdapat pembatasan, para owner powerbank tidak butuh takut kelewatan dikala mau naik pesawat sebab sebagian besar powerbank umumnya mempunyai rating di dasar 100 Wh.

Kapasitas powerbank( energi tampung) umumnya dinyatakan dalam satuan miliampere- hour( mAh), ialah keluaran arus yang dapat diberikan dalam satu jam. Durasinya bergantung besar arus yang diberikan. Powerbank 10. 000 mAh dapat membagikan arus 10. 000 mAh sepanjang satu jam, ataupun 5. 000 mAh sepanjang 2 jam.

Sedangkan, Wh merupakan satuan yang melaporkan rating keluaran tenaga optimal suatu powerbank. Satuan Wh mempermudah komparasi rating tenaga antara jenis baterai yang berbeda- beda. Buat memperoleh satuan Wh ini, kalikan angka kapasitas dengan voltase baterai powerbank( bukan keluaran port USB).

Misalnya, powerbank berkapasitas 10. 000 mAh tadi mempunyai voltase baterai 3, 85 Volt( V), hingga rating energinya merupakan 38. 500 mWh( miliwatt- hour) ataupun 38, 5 Wh. Satuan Wh umumnya telah dinyatakan di penjelasan tertulis di bodi powerbank.

Dengan demikian, powerbank dengan energi 10. 000 mAh masih dibolehkan dibawa masuk ke kabin pesawat, sebab mempunyai energi di dasar 100 Wh.

Baca Juga tips mengenai kapasitas maksimal powerbank yang bisa di bawa ke pasawat: https://www.arden.co.id/blogs/perhatikan-penggunaan-power-bank-dan-aturan-bawa-power-bank-ke-dalam-pesawat/