Nusantara Jaya Teknologi

08001401216 info[@]njt.co.id

Menu
REVIEW | ASUS P3B, Proyektor Mungil Cocok untuk Ruangan Minimalis

REVIEW | ASUS P3B, Proyektor Mungil Cocok untuk Ruangan Minimalis

By In Review Article On August 30, 2016


ASUS P3B juga merupakan proyektor yang sangat mumpuni. Ia merupakan proyektor tipe shortthrow dengan jarak tembak terhadap layar hanya 43cm

Metrotvnews.com, Jakarta: Bila Anda ingin membeli sebuah barang elektronik, apa yang Anda prioritaskan selain harga? Mungkin sebagian dari Anda menjawab spesifikasi perangkat. Namun, saya yakin bila banyak dari Anda yang juga mempertimbangkan ukuran serta model tampilan dari barang yang akan Anda beli.

Barang elektronik bisa berupa apa saja, termasuk proyektor, dan itulah yang menjadi salah satu keunggulan dari proyektor ASUS P3B. Proyektor berukuran mungil ini tidak hanya mengedepankan sisi mobilitas, ia juga memiliki desain yang menarik dan sangat mudah digunakan. ASUS P3B bahkan memiliki fitur yang memudahkan penggunaannya.

Bila Anda masih ingat, Metrotvnews.com pernah mengulas proyektor mini ASUS S1 yang masih merupakan saudara dari P3B. Perbedaannya ASUS P3B memiliki bodi yang lebih besar dari S1. Jika demikian, Apa istimewanya ASUS P3B?

ASUS P3B memang memilki bodi yang lebih besar dari S1, namun ia masih sangat portabel. Ukurannya pun hanya 153.5 x 43 x 131.2mm, masih sangat kecil ketimbang proyektor konvensional yang masih banyak beredar di pasar.

Selain itu, ASUS P3B juga hadir dengan tas khusus yang sudah bisa mengangkut adapter dan remote-nya, sehingga Anda tak perlu lagi pusing bagaimana caranya membawa proyektor ini.

Proyektor mungil ini juga termasuk mudah digunakan. Ia bisa dikontrol langsung melalui deretan tombol yang ada di bodinya, atau melalui remote control yang sudah disediakan di paket penjualannya. Pada dasarnya, ASUS P3B tidak memerlukan pengaturan ulang. Ia memiliki sistem khusus yang memungkinkan komponen bisa mendeteksi posisi penggunaannya.

Jika Anda membalikkan bodinya 180 derajat, ASUS P3B secara otomatis akan memutar gambar 180 derajat. Hal yang sama juga berlaku bila Anda menaruh proyektor ini dengan sudut yang tidak tegak lurus dari layar. Ia secara otomatis akan mengatur gambar sehingga tampilan layar menjadi disesuaikan dan sama seperti ketika memposisikan proyektor ini sejajar dengan layar.

Secara spesifikasi, ASUS P3B juga merupakan proyektor yang sangat mumpuni. Ia merupakan proyektor tipe shortthrow dengan jarak tembak terhadap layar hanya 43cm, ideal bagi Anda yang suka melakukan presentasi di ruangan kecil. Meski tidak menggunakan lensa zoom yang artinya Anda harus menyesuaikan posisi proyektor bila ingin menampilkan layar besar, namun ASUS P3B mampu menampilkan gambar hingga seukuran monitor 200-inci.

Untuk kualitas gambar, ASUS P3B juga termasuk proyektor yang memiliki gambar bagus. Didukung dengan output pencahayaan hingga 800 lumens, monitor ini dapat beroperasi di berbagai kondisi cahaya. Namun, memang tidak akan maksimal bila ia digunakan di tempat yang memiliki cahaya terlalu terang atau digunakan di tempat outdoor di siang hari.

Detail gambar juga bisa ditampilkan dengan sangat baik. Apalagi ia memiliki resolusi yang cukup mumpuni, yaitu 1280 x 800 pixel. Menggunakan saturasi warna NTSC, ASUS P3B mampu menampilkan 16,7 juta warna melalui proyeksinya.

Skenario penggunaan dalam ruangan, terutama ruangan minimalis memang merupakan keunggulan utama proyektor ini. Tidak ada listrik? Proyektor ini telah dilengkapi dengan baterai internal berdaya 12.000 mAh sehingga mampu menemani sesi presentasi Anda kurang lebih selama 1,5 hingga 2 jam. Lebih menariknya lagi, proyektor ini juga bisa dijadikan sebagai power bank bagi perangkat Anda yang lain.

Fleksibilitas juga diusung oleh ASUS P3B. Ia hadir dengan fitur yang memungkinkannya untuk bisa dihubungkan dengan berbagai perangkat, mulai dari PC hingga smartphone. Bahkan ia juga memiliki port USB yang memungkinkan Anda untuk memutar video, audio, dan menampilkan gambar secara langsung.

Untuk fasilitas input-nya, ASUS P3B hadir dengan port HDMI, MHL, dan D-sub. Selain itu, terdapat juga port MicroUSB dan USB agar bisa dihubungkan dengan berbagai macam gadget. Sebagai tambahan, proyektor ini juga memiliki pembaca kartu MicroSD dan memiliki penyimpanan internal sebesar 2GB.

Kesimpulan

ASUS P3B merupakan proyektor mungil dengan portabilitas yang sangat tinggi namun kurang cocok untuk digunakan di ruangan terbuka saat siang hari ataupun ruangan besar. Cahaya memang merupakan musuh utamanya, namun ia sangat berjaya di ruangan minimalis yang saat ini banyak ditemukan diperkotaan, terutama kantor, rumah, maupun apartemen.

Fiturnya lengkap, dan sangat mudah digunakan. Hal tersebut membuat proyektor ini akan sangat berguna bagi Anda yang memerlukan proyektor namun tidak ingin repot baik ketika dibawa maupun digunakan. Semua itu harus Anda tebus dengan harga yang cukup tinggi, yaitu kisaran Rp11 juta.


Yes No